Selasa, 20 Desember 2011

Tugas 3 ILMU SOSIAL DASAR

Perspektif perilaku menyatakan bahwa perilaku sosial kita paling baik dijelaskan melalui perilaku yang secara langsung dapat diamati dan lingkungan yang menyebabkan perilakku kita berubah. Perbedaan utama dalam perspektif perilaku meletakkan struktur sosial (makro) sebagai perilaku sosial individu, sedangkan sebagian lebih memandang individu (mikro) merupakan agen yang aktif dalam membentuk perilakunya sendiri.
Coba Anda buatlah beberapa contoh perilaku dalam struktur makro dan mikro, baik peran anda dalam masyarakat atau berdasarkan pengamatan yang ada di sekitar lingkungan kehidupan. 

Perspektif sendiri itu dapat diartikan sebagai sudut pandang manusia dalam memilih opini, kepercayaan, dan lain-lain.
perbedaan antara Perspektif Makro dan Mikro adalah :
Perspektif Makro ialah , dimana suatu keadaan tertentu seseorang yang bisa berubah akibat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar kita atau pengaruh lingkungan luar.
Contoh : misalkan seorang remaja yang baik tetapi dia bergaul dengan teman yang suka mabok atau bahkan menggunakan obat-obatan terlarang dan pada akhirnya terpengaruh.

Perspektif Mikro ialah , dimana suatu keadaan tertentu seseorang yang hanya dapat dipengaruhi oleh diri sendiri tidak dari lingkungan sekitar.
Contoh : misalkan seorang remaja yang ingin berangkat sekolah , tetapi temennya ada yang mengajaknya untuk bolos , tetapi karena tidak terpengaruh oleh lingkungan luar , yaa remaja tersebut tetap masuk ke sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar