Kamis, 15 Desember 2011

Tugas 1 ILMU SOSIAL DASAR


Pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai  seperangkat pengetahuan, diantaranya : kemampuan akademis, kemampuan profesional,  dan kemampuan personal.
Sebutkan ketiga kemampuan tersebut dan jelaskan dengan contoh-contohnya ??

1. Kemampuan Akademis ialah suatu kemampuan yang dimilik seseorang sejak lahir  untuk menguasai atau mengerti tentang pengetahuan. Untuk mengetahui kemampuas  akademis seseorang bisa dengan melakukan Tes Potensi Akademik ( TPA ) yang  bertujuan untuk mengetahui bakan dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan. Biasanya Tes Potensi Akademik itu seperti :
a. Tes Verbal , berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang dibidang kata   dan bahasa.
b. Tes Angka , berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang dibidang angka/penghitungan.
c. Tes Logika , berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan masalah secaca logis atau masuk akal.

Contoh Kemampuan Akademis :
a. Misalkan seseorang menyelesaikan masalah pribadinya.
b. Mengerjakan soal-soal ulangan dengar kemampuan sendiri.

2. Kemampuan Profesional ialah kemampuan seorang dalam melaksanakan kewajiban  kewajibannya secara bertanggung jawab dan layak atau bisa juga suatu kemampuan  yang dimiliki oleh seseorang yang lebih mementingkan profesional , maksudnya dia  akan mengerjakan apa apa yang sudah diberikan tanpa alasan apapun.

Contoh Kemampuan Profesional :
a. Misalkan seseorang Menejer memberikan pekerjaan kepada karyawannya ,  jadi karyawan tersebut harus mengerjakannya dengan penuh tanggung jawab dan  menyelesaikannya sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.
b. Seseorang dosen memberi tugas kepada mahasiswanya dan harus dikumpulkan  besok , sikap Profesional mahasiswanya adalah , harus mengerjakan tugas apa yang  telah diberikan oleh dosen dan mengumpulkan pada hari yang telah ditentukan.

3. Kemampuan Personal ialah suatu kemampuan yang dimilik seseorang sejak lahir  tetapi lebih cenderung pada diri sendiri maksudnya seseorang lebih mengeluarkan  kemampuannya sendiri dan berusaha menyelesaikannya sendiri.

Contoh Kemampuan Personal :
a. Seseorang menyelesaikan segala tugasnya dengan kemampuan sendiri.
b. Mengerjakan soal ujian sesuai kemampuan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar