Kamis, 15 Desember 2011

Tugas 2 ILMU SOSIAL DASAR



Dalam kehidupan kita kenal ada tiga karakter dan lingkungan yang dimiliki oleh manusia, yaitu individu, keluarga, dan masyarakat.Berikanlah sebuah pemahaman dari tiga tipe pola kehidupan dan jelaskan pula contoh-contoh dari masing-masing kehidupan tersebut.

1. Individu , ialah sifat khas atau kebiasaan dimana seseorang memiliki kebiasaan , sifat , tingkah laku atau sikap yang biasa dilakukan sehari-hari ( dalam hal positif ).
Faktor yang mempengaruhi karakter individu :
a. Faktor Keturunan dan Faktor Lingkungan.
b. Faktor Kognitif , Afektif , Psikomotor dan Campuran.

Contoh Karakter Individu misalkan seseorang ingin membeli sesuatu , maka dia lah yang menentukan sendiri pilihannya tanpa bantuan atau pendapat dari orang lain.

2. Keluarga , ialah lingkungan dimana kita sudah bisa merasakan sejak lahir. Lingkungan keluarga sendiri ini berperan sangat penting dalam pembentukan karaktek seseorang dimana individu tersebut mendapatkan nasehat , kasih sayang dan juga motivasi. Tetapi di lingkungan keluarga tidak selalu enak , masih ada juga permasalahan yang sering terjadi seperti rebutan harta warisan dan masih banyak lagi.

Contoh Karakter Keluarga misalkan seseorang yang berperilaku sopan kepada kedua orang tua misalkan dalam hal berbicara dan bertingkah laku.

3. Masyarakat , lingkungan dimana kita sehari-hari bergaul dengan orang lain. Dimana lingkungan masyarakat juga menilai gimana kepribadian kita mulai dari kebiasaan , sopan santun dan tata cara berbicara dengan orang lain.Masyarakat juga membantu hal dalam pembentukan karakter menjadi lebih baik lagi.

Contoh Karakter Masyarakat misalkan seseorang yang berbicara sopan santun terhadap sesama tetangga , dan dari situlah masyarakat menilai karakterk seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar