Kamis, 31 Mei 2012

Tugas 8 ILMU BUDAYA DASAR

Manusia dan Tanggung Jawab

     Tanggung jawab bisa diartikan merupakan salah satu sifat baik yang ada pada manusia yang bermaksud ialah suatu keadaan dimana manusia itu harus menanggung apa yang sudah dikerjakan., baik dalam hal positif atau pun negatif. Dan setiap manusia juga tidak pernah lepas dari yang namanya rasa tanggung jawab. Karena setiap perbuatan yang dilakukan itu pasti akan memerlukan rasa tanggung jawab. Apabila seseorang melakukan suatu tindakan tetapi tanpa didasari rasa tanggung jawab , maka akan ada pihak yang berwajib yang akan meminta pertanggungjawaban atas apa yang telah kita buat.

     Macam-macam tanggung jawab dalam kehidupan :
1.  Tanggung Jawab terhadap Allah SWT , maksudnya semua hal yang kita lakukan di dunia itu nantinya akan dipertanggung jawabkan di akhirat dan tanggung jawab terhadap Allah SWT ini merupakan tanggung jawab yang paling penting dilakukan. 

2.  Tanggung Jawab terhadap diri sendiri , maksudnya apa saja yang kita lakukan itu akan kita pertanggung jawabkan. Misalkan mendapat tugas dari dosen dan dikumpulkan besok , maka apabila kita mempunyai rasa tanggung jawab , kita akan menyelesaikan tugas dari dosen tersebut dan mengumpulkannya tepat waktu.

3.  Tanggung Jawab terhadap lingkungan masyarakat , karena manusia perlu hal ini dikarenakan manusia merupakan makhluk sosial yang pastinya akan membutuhkan bantuan orang lain. Contoh tanggung jawabnya misalkan menghargai pendapat orang lain , menjalin hubungan yang harmonis sesama tetangga dan lain sebagainya.

4.  Tanggung Jawab terhadap lingkungan keluarga , maksudnya dimana kita harus bertanggung jawab di dalam lingkungan keluarga , apalagi sebagai seorang kepala keluarga , contoh tanggung jawabnya yaitu memberikan nafkah kepada anak dan istrinya serta menjaga nama baik keluarga dan menjaga keharmonisan hubungan sesama anggota keluarga.

5.  Tanggung Jawab terhadap bangsa dan negara , misalkan mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku , bayar pajak tepat waktu dan lain sebagainya.

      Untuk mewujudkan suatu rasa tanggung jawab itu bisa berupa sebuah Pengabdian dan Pengorbanan. Pengabdian itu sendiri ialah sesuatu hal kegiatan dalam arti positif sebagai perwujudan dari kesetiaan , kasih sayang , kehormatan dan dilakukannya dengan rasa ikhlas. Pengorbanan ialah suatu persembahan yang dilakukan untuk suatu tujuan tertentu dan dilakukan dengan penuh keikhlasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar