1.
Latar Belakang
Pada saat ini
perkembangan teknologi in formasi melaju dengan cepat, dimana semua informasi menjadi lebih transparan dan mudah didapat. Pada abad ke 19 kekuatan
militer merupakan suatu faktor utama suatu negara dalam meraih kemenangan dalam
peperang an, dimana negara yang mempunyai tentara dan teknologi militer yang
terbaiklah yang akan menang. Sedangkan pada abad ke 20 sekarang ini kekuatan
Teknologi Informasi merupakan faktor
utama suatu negara untuk meraih kemenangan dalam persaingan atau peperangan di
bidang ekonomi. Negara yang mempunyai Teknologi Informasi yang terbaiklah yang akan menang dalam persaingan ekonomi.
Contohnya adalah China, negara China merupakan sebuah negara yang luar biasa
dalam pertumbuhan ekonominya. Pemerintahan China berkomitmen untuk
mengembangkan Teknologi Informasi sebagai salah satu senjata mereka dalam
memenangkan persai ngan ekonomi. Saat ini China telah membeli salah satu
raksasa Teknologi Informasi dunia, yaitu IBM yang sekarang telah berganti nama
menjadi Lenovo.
Kami melihat
dengan adanya teknologi internet maka masyarakat Indonesia akan lebih mudah
dalam mengakses semua informasi yang ada di dunia ini. Dengan adanya internet
maka halangan untuk mendapatkan secara jarak dan waktu dapat dihilangkan.
Masyarakat dunia menjadi sebuah kesatuan yang tidak dipisahkan oleh negara,
ras, agama, dan jenis kelamin (gender).
2.
VISI
Membangun provider RT-RW NET yang
dapat Memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk mendapatkan akses
Internet yang murah dengan cara swadaya
3. MISI
™
Membangun infrastruktur jaringan secara swadaya
™
Membangun aplikasi di lingkungan RT-RW yang
bersangkutan
™
Merawat dan mengembangkan jaringan yang sudah ada
Usaha yang dikembangkan
diberi nama "KELU.NET" ( Kelurahan Internet ) dengan badan usaha
berbentuk CV yang didaftarkan ke notaris sehingga memiliki badan hukum yang
tetap.
5. RENCANA
LOKASI USAHA
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan
didaerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
•
Lokasi
dekat dengan kawasan perumahan modern,
•
Lokasi
dekat dengan wilayah pendidikan baik itu perguruan tinggi, Sekolah Menengah
Umum dan Sekolah Menengah Pertama.
6. TARGET
PELANGGAN
Target pelanggan
RT-RW Net ini adalah :
- Masyarakat yang tinggal di derah Gegerkalong dan sekitarnya pada radius + 2 Km2.
- Pemilik Kantor-kantor Sekolah dan Usaha
- Pemilik Warnet
- pelajar dan mahasiwa disekitarnya. Mereka adalah menggunakan internet untuk hiburan semata yang frekwensinya cukup tinggi. Umumnya mereka hanya membuka program chatting dan situs www.facebook.com
7.JENIS USAHA
Jenis usaha yang
direncanakan sesuai dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mimiliki adalah :
- Provider RT-RW Net (konsentrasi di bulan pertama)
- Pelatihan IT
- Konsultan IT
Target kami adalah setiap bulan minimal ada 10 orang
pelanggan baru yang ikut dalam program RT-RW Net.
8. KEUNGGULAN
KAMI
Kami memiliki
keunggulan antara lain :
- Semua instalasi software, jaringan LAN, router dan proxy server dapat kami lakukan sendiri, dengan demikian tidak perlu menganggarkan dana untuk jasa dari pihak ketiga.
- Kami sudah berpengalaman memberikan bantuan jasa konsultasi dan pekerjaan teknis untuk pemasangan Internet dibeberapa Instansi.
- Kami juga sudah banyak mengerjakan projek-projek yang berhubungan dengan pengembangan Sistem Informasi
- Pengalaman dalam memberikan pelatihan-pelatihan IT baik yang dilakukan oleh kalangan kami sendiri atau gabungan dengan instansi lain.
9.
PERANGKAT KERAS DAN LUNAK
Kebutuhan
Peralatan baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak yang akan digunakan
adalah sebagai berikut:
1.
Tower
Triangle 25 Meter
2.
Akses
Point
3.
Router
4.
Kabel
UTP
5.
Antena
dan Kabel Coax
6.
Beberapa
Unit Komputer
7.
Koneksi
internet menggunakan Wireless 256 kbps dengan rasio 1:10
8.
Sistem operasi dan aplikasi yang akan
digunakan berbasis Linux atau yang sejenis.
10. DANA &
LABAMODAL & KEUNTUNGAN
Modal yang kami butuhkan untuk medirikan RT-RW Net
ini adalah sebagai berikut:
Biaya Bulan Pertama (Belum Operasional)
Biaya Operasional bulan
kedua dan seterusnya /pengeluaran
NO
|
NAMA
|
JUMLAH
|
HARGA
|
TOTAL
|
|
||||||
|
|
|
UNIT
|
SATUAN
|
|
|
|
||||
1
|
Pegawai
|
2
|
|
800000
|
|
1600000
|
|
|
|||
2
|
Alat Tulis
|
1
|
|
100000
|
|
100000
|
|
|
|||
3
|
Bandwidth
|
1
|
|
750000
|
|
750000
|
|
|
|||
4
|
Listrik
|
1
|
|
500000
|
|
500000
|
|
|
|||
|
Total
|
|
|
|
|
2950000
|
|
|
|||
Pemasukan bulan kedua
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
NO
|
NAMA
|
|
JUMLAH
|
|
HARGA
|
|
SUB
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL
|
|
|
||
|
|
|
UNIT
|
|
SATUAN
|
|
|
||||
1
|
Registrasi Client Home
|
|
10
|
|
350000
|
|
3500000
|
|
|
||
2
|
Biaya Langganan
|
|
10
|
|
100000
|
|
1000000
|
|
|
||
3
|
Registrasi Corporate
|
|
3
|
|
1500000
|
|
4500000
|
|
|
||
4
|
Biaya Langganan
|
|
3
|
|
1000000
|
|
3000000
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Total
|
|
|
|
|
|
8800000
|
|
|
||
14. STRATEGI
PROMOSI
Strategi yang
akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
1.
Bekerja sama dengan para pemilik Warnet
agar melakukan koneksi ke ISP RT-RW Net Kami
2.
Bekerja sama dengan Pengurus RT atau RW
dilingkungan setempat apabila ada warganya yang ingin memiliki koneksi ke
Internet.
3.
Bekerja
sama dengan para pemilik tempat kost dengan system persentasi
4.
Bekerjasama dengan lembaga-lembaga
pendidikan atau lembaga lainnya yang ada dilingkungan kami untuk melakukan
pelatihan atau training mengenai Internet ditempat kami.
5.
Membuat famlet-famlet, memasang iklan
dikoran, radio dan di website Perusahaan.
15. PENUTUP
Demikian proposal yang
kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan
memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Terimakasih
KETENTUAN UMUM USAHA RT-RW-NET
Istilah dalam ketentuan ini harus disepakati oleh
pemodal dan pengelola, atau bahkan bila perlu dilampirkan dalam surat
perjanjian.
1.
Pengertian
a.
Pemodal adalah seseorang atau beberapa
orang atau lembaga yang berkewajiban memberikan modal kepada pengelola. Pemodal
merupakan pemilik perusahaan. Pemodal mendapatkan bagi hasil sebesar 40% dari
laba bersih.
b.
Pengelola adalah seseorang atau beberapa
orang yang berkewajiban mengelola usaha ini. Pengelola berhak mendapatkan bagi
hasil 60% dari laba bersih. Tugas pengelola adalah melaksanakan pekerjaan
manajerial
c.
Karyawan adalah seseorang atau beberapa
orang yang berkewajiban melaksanakan pekerjaan teknis. Karyawan berhak
mendapatkan gaji tetap perbulan.
d.
Free Lancer adalah orang yang direkrut
untuk melaksanakan pekerjaan tertentu. Freelancer dibayar berdasarkan
prosentase dari pendapatan atas pekerjaannya.
e.
OutSourcing
adalah pelimpahan pekerjaan kepada pihak ketiga.
f.
Laba bersih adalah omzet setelah
dikurangi dengan biaya operasional, biaya defisit dan angsuran sewa ruko.
g.
Biaya operasional adalah biaya yang
dikeluarkan untuk operasional perusahaan rutin, antara lain :
•
Gaji
karyawan
•
Rekening
PAM, PLN. Telepon, akses internet, iuran rutin
•
Biaya
service segala peralatan yang rusak
•
Operasional
administrasi
•
Biaya
promosi
•
Dan semua biaya lain untuk kepentingan
perusahaan selain biaya defisit, angsuran sewa ruko, dan pembelian alat.
h.
Defisit adalah nilai barang yang
berkurang dalam waktu tertentu, biasanya disebut dengan penyusutan
i. Biaya
defisit adalah dana yang harus dikeluarkan setiap bulan untuk mengganti nilai
barang yang berkurang.
j.
Apabila ada kerusakan aset maka
diperlukan biaya untuk memperbaikinya yang terdiri dari :
•
Biaya spare part yaitu biaya pembelian
alat baru, biaya ini diambil dari dana deficit
•
Biaya service yaitu biaya jasa
perbaikan, biaya ini diambil dari dana pendapatkan kotor pada bulan berjalan
dan dalam laporan keuangan masuk sebagai biaya operasional
k.
Pekerjaan
dibagi menjadi 2 macam :
•
Pekerjaan manajerial yaitu pekerjaan
membuat rancangan strategi perusahaan dan mengatur pekerjaan karyawan.
•
Pekerjaan
teknis yaitu pekerjaan yang melaksanakan pekerjaan teknis rutin.
Ketentuan khusus
:
a.
Dalam melaksanakan pekerjaan rutin
usaha, pengelola berhak mengambil 2 orang karyawan yang digaji perbulan, 1
orang diambil pada saat mulai pendirian perusahaan dan 1 orang lagi setelah 2
bulan berjalan.
b.
Apabila pengelola harus mengerjakan
pekerjaan yang bersifat teknis selain dari usaha RT-RW Net dan Rental Internet,
maka pengelola berhak mendapatkan bagi hasil langsung dari pekerjaan tsb,
misalnya sebagai trainer, pembuatan software, dan service komputer.
Keterangan :
Semua aset perusahaan
sebelum BEP adalah milik pemodal, dan nilai aset pada saat didirikan harus
diusahakan sama nilainya dengan nilai aset setiap bulannya atau setiap tahunnya
dengan asumsi tidak ada penambahan modal.
Misalnya aset
perusahaan saat pertama kali didirikan berjumlah Rp 100juta, maka pada bulan
ke-12 aset perusahaan juga tetap harus 100 juta dengan asumsi tidak ada
penambahan modal.
Bila ada 1 set komputer
yang nilai awalnya Rp 2 juta, maka pada pada bulan ke-12 nilai komputer tidak
mungkin tetap Rp 2 juta, maka diperlukan biaya penyusutan atau defisit untuk
mengganti nilai komputer yang berkurang yang diambil dari pendapatan kotor
setiap bulannya sebesar 2,5% dari harga barang. Biaya defisit ini tetap
dikelola oleh pengelola.
ANALISIS SWOT
Strenght :
1.
Telah
berpengalaman dalam bidang Internet dan Instalasinya
2.
Mengetahui
seluk beluk pasar dan konsumen di daerah gegerkalong dan sekitarnya.
3.
Memahami
seluk beluk komputer dan internet.
4.
Memiliki strategi sistem pemasaran dan
publikasi yang terstruktur terhadap konsumen.
5.
Mampu menyediakan pelatihan-pelatihan
dasar baik komputer, software, hardware dan internet.
6.
Mampu menyediakan usaha-usaha lain di
bidang komputer, seperti percetakan, rental, on line games, dll.
Weakness :
Tidak mempunyai
tempat atau gedung sendiri untuk usaha.
Opportunity :
1.
Belum
ada ISP RT-RW Net didaerah Gegerkalong pada Radius 3 Km2
2.
Warnet
saingan sangat lambat dan sangat mahal (Rp 3500 / jam).
3. Lokasi
adalah pusat kos-aan mahasiswa, dan terdapat perguruan tinggi negeri dan swasta
yang ada di daerah gegerkalong.
4.
Konsumen
Perumahan Elit yang belum terjamah sebagai target konsumen potensial.
Threat :
1.
Mahasiswa yang kos akan pulang kampung pada saat
liburan.
2.
Konsumen umum (selain mahasiswa dan
pelajar) belum masih banyak yang belum mengenal komputer dan internet.
Kelompok :
Fahrurio Anggada (52411602)
Muhammad Bagus Bintoro (54411644 )
Okvan Enggar (55411456)
Muhamad Dwi Prasetyo (54411801)
Haikal Fikri (53411154)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar